5 Pertanyaan Seputar Komputer

Komputer adalah menjadi satu benda alat elektronik yang sering digunakan, tidak bisa dipungkiri nyaris setiap harinya terutama anda para karyawan atau pekerja kantoran seakan tidak bisa lepas menggunakan perangkat ini, guna menunjang kegiatan sehari - hari baik itu di rumah, di sekolah maupun di tempat kerja.

Namun pernahkah kita di buat penasaran dan bertanya - tanya tentang mengapa huruf di keyborad komputer berbentuk QWERTY bukannya urut ABCDE. Mengapa pula pada huruf F dan J pada keyboard komputer memiliki tonjolan, benarkah keyboard komputer yang biasa kita gunakan ternyata 5 kali lebih kotor dari toilet. Berbagai pertanyaan ini telah kami rangkum menjadi 5 pertanyaan seputar komputer.

1. Mengapa huruf di keyboard komputer QWERTY?

 


Pernahakan anda bertanya mengapa susnan huruf pada keyboard komputer berbentuk acak atau QWERTY, mengapa tidak dibuat dalam susunan huruf abjad ABCDE saja? ternyata pembuatan keyboard komputer memiliki sejarah. Bermula tahun 1868 Christopher Latham Sholes seorang perancang tombol papan ketik menyusun keyboard yang ia buatnya secara abjad, susunan ini sebenarnya justru bisa membuat kita mengetik lebih cepat. Namun karena saking cepatnya, justru malah menimbulkan masalah pada saat itu. Masalahnya adalah batang-batang huruf atau slug yang menghentak mengalami kegagalan mekanik ketik ditekan. Hal tersebut diakibatkan oleh batang-batang huruf itu yang saling terkait satu sama lainnya.
Akhirnya Christopher mulai mencari solusi dengan mengacak-acak susunan hurufnya hingga menemukan kombinasi paling tepat yaitu QWERTY. Akhirnya, susunan keyboard yang tadinya acak-acakan itulah yang dijadikan alat input untuk komputer dan kemudian diresmikan sebagai keyboard standar internasional (ISO) pada tahun 1973.

2. Mengapa ada tonjolan pada tombol F dan J?

 


Ternyata hal ini bermula sejak 1888 ketika Frank Edward McGurin menemukan suatu metode bernama touchtyping yakni cara mengetik tanpa melihat tombol di keyboard, rupanya tonjolan pada huruf F dan J ini sengaja dibuat untuk membantu meningkatkan kemampuan dari touchtyping tersebut. Tonjolan ini mampu mengidentifikasikan huruf yang sedang dipencet tanpa perlu memperhatikan tombol yang ada di keyboard.
Lantas huruf F sendiri, menurut McGurin adalah posisi yang paling tepat untuk meletakkan jari telunjuk kiri, sedangkan huruf J adalah tempat untuk meletakkan telunjuk kanan. Nah dengan bantuan tonjolan ini, para penulis dapat merasakan apakah jarinya diletakkan di tempat yang tepat saat mengetik, walaupun tanpa harus melihat di keyboard.Modifikasi tombol F dan J ini kemudian dipatenkan oleh June E Botich dari Naples, Florida pada tahun 2002, sehingga panduan taktis ini menjadi standar di hampir semua keyboard di seluruh dunia.

3. Mengapa keyboard 5 kali lebih kotor dari toilet?

 


Coba ingat - ingat kapan terakhir kali anda membersihkan keyboard komputer anda, minggu lalu, bulan lalu, tahun lalu atau malah belum pernah sama sekali sejak membelinya. Ya, keyboard merupakan salah satu perangkat yang jarang sekali diperhatikan kebersihannya karna sebagian orang menggangap bahwa kotoran yang terdapat pada ketboard hanyalah berasalah dari debu yang akan hilang secara sendirinya namun pernahkah kalian mengetahui kalau sebenarnya keyboard merupakan benda yang 5 kali lebih kotor dari toilet.
Ini terjadi bukan karena debu melainkan karna jari kita saat mengetik memiliki banyak sekali bakteri, bila dibiarkan dan tak dijaga kebersihannya bakteri - bakteri ini akan menjadi bahaya tersendiri. Maka dari itu sangat disarankan untuk membersihkan keyboard paling tidak satu kali dalam sebulan agar seluruh kototan dan bakteri dapat hilang.

4. Benarkah refresh desktop akan mempercepat kinarja komputer?

 


Baca : 5 Fitur Tersembunyi di Windows 10
Baca : Antivirus Terbaik Tahun 2017

Sebagian besar pengguna Windows pastinya melakukan refresh desktop saat kinerja perangkat mereka tersendat. Namun, apakah metode ini efektif?
Tercatat, memang hampir sebagian besar pengguna Windows mulai dari 95 hingga 8 saat ini melakukan cara tersebut saat komputer atau notebook mereka hang atau tersendat operasinya. Jadi Sebenarnya refresh berguna untuk memperbarui tampilan dari desktop itu sendiri. Ketika Anda mengubah tampilan desktop dan ternyata perubahan tak terjadi seketika itu juga, maka tinggal klik refresh untuk memperbarui tampilan desktop tersebut. Dan tidak ada hubungannya untuk mempercepat kinerja komputer kalian.

5. Mengapa penggunaan Anti-Virus yang lebih dari satu dinilai kurang baik?

 


Bagi seseorang yang sangat protektif terhadap komputer maupun laptop pribadinya mereka akan menggunakan dua atau lebih antivirus yang berbeda untuk menjaga keamanan.
Tetapi tahukah anda bahwa hal ini sangat tidak disarankan, ternyata keberadaan banyak antivirus berbeda dalam satu perangkat komputer dapat membuat timbulnya saling serang antar antivirus. Ini karena setiap antivirus memiliki perilaku dan kinerja yang berbeda saat menangani sebuah virus, banyak antivirus rupanya juga dapat membebani kinerja komputer anda.

Okelah itulah 5 Pertanyaan seputar komputer semoga dapat menambah ilmu dan wawasan anda. Jika ada pertanyaan lainnya silahkan post di kolom komentar. Salah komputer sehat!
2 Komentar untuk "5 Pertanyaan Seputar Komputer"

salam kenal gan! saya mau nanya. saya punya netbook merk zyrex.
1. kenapa ya gan baterei netbook saya itu cuma tahan lebih kurang 1 jam saja sob? padahal baterei baru( sekitar 5 bulan). sudah saya tukar ke tempat beli batereinya, tapi hasilnya tetap sama!
2. kenapa baterei netbook saya itu, baru baru ini, baterei nya tidak bisa terisi penuh( cuma terisi 94%).....
itu aj dlu gan, maaf pertanyaannya banyak

This comment has been removed by the author. - Hapus

Back To Top