Cara Membuat Database Mysql dengan Xampp



  
     Kali ini dokterKomputer(dulunya Adadisinni :)) akan memberikan tutorial tentang Cara Membuat Database Mysql dengan Xampp, mengapa dengan Xampp karena Xampp adalah suatu software yang sudah sangat lengkap dan mudah untuk digunakan. sebelumnya saya akan memberikan pengertian MySQL. MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL(Wikipedia.com). Oke langsung saja berikut langkah - langkah :

1.     Pertama start service pada Xampp jika pada linux dengan Terminal “sudo /opt/lampp/lampp start, jika pada Windows start pada Apache dan MySql.

2.    Buka browser kemudian ketik url localhost/phpmyadmin, lalu akan menampilkan halaman berikut

3.     Klik new

4.      Kemudian beri nama database disini saya beri nama dbuser, lalu klik Create

5.     Database dbuser telah terbuat, kemudian kita buat table untuk membuat tablenya, disini saya beri nama “user” dan kolom saya beri 2. Lalu klik GO

6.     Kemudian isi nilai setiap kolom dari table, kalian dapat mengisi sesuai kebutuhan. Lalu save

7.     Sampai disini database dengan satu table telah berhasil dibuat.

Oke sekian tutorial Cara Membuat Database Mysql dengan Xampp. Semoga segala masalah anda dapat di mengerti dan di atasi, jika ada pertanyaan silahkan post pada kolom komentar. Terima kasih salam komputer sehat !. 
0 Komentar untuk "Cara Membuat Database Mysql dengan Xampp"

Back To Top