Apasih Linux itu?

Gambar Linux beserta pinguin

Dari Smartphone, Komputer, ATM, sampai peralatan rumah tangga kini menggunakan Sistem Operasi Linux.  Sudah ada sejak pertengahan tahun 90-an, dan sejak mencapai kepopulerannya penggunanya mencakup industri dan benua. Bagi mereka yang tahu, bahwa Linux sebenarnya di mana-mana, mulai dari ponsel anda, di mobil anda, di lemari es anda.Tapi sebelum Linux menjadi platform untuk menjalankan desktop, server, dan embedded system di seluruh dunia, itu salah satu sistem operasi yang paling handal, aman, dan gratis. Bagi mereka yang tidak di kenal, khawatir tidak - di sini adalah semua informasi yang Anda butuhkan untuk mendapatkan sampai dengan kecepatan pada platform Linux.nah sebernarnya Apa itu Linux?

Sama seperti Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan Mac OS X, Linux adalah sistem operasi. Sebuah sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengelola semua sumber daya perangkat keras yang terkait dengan desktop ataukomputer. Sederhananya - sistem operasi mengatur komunikasi antara perangkat lunak dan perangkat keras Anda. Tanpa sistem operasi (sering disebut sebagai "OS"), perangkat lunak dan perangkat keras tidak akan berfungsi. OS ini terdiri dari sejumlah potongan:
  • Bootloader: Perangkat lunak yang mengelola proses boot dari komputer Anda. Seperti splash screen yang muncul dan akhirnya hilang untuk boot ke sistem operasi.
  • Kernel: ini adalah salah satu bagian yang sebenarnya disebut "Linux". kernel adalah inti dari sistem dan mengelola CPU, memori, dan perangkat periferal. kernel adalah tingkat terendah dari OS.
  • Daemon:service yang berjalan sendiri secara periodik/realtime dan berjalan dibelakang layar.
  • Shell:adalah program (penterjemah perintah) yang menjembatani user dengan sistem operasi dalam hal ini kernel (inti sistem operasi), umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi suatu file progam (eksternal command), selain itu shell memungkinkan user menyusun sekumpulan perintah pada sebuah atau beberapa file untuk dieksekusi sebagai program.
  • Desktop Environment: ini adalah interaksi antara pengguna dan komputer.
Ada banyak lingkungan Desktop Environment seperti (Unity, GNOME, Cinnamon, Pencerahan, KDE, XFCE, dll). Setiap lingkungan desktop termasuk built-in aplikasi (seperti manajer berkas, alat konfigurasi, web browser, game, dll).    

Mengapa menggunakan Linux?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang kebanyakan orang tanyakan. Mengapa repot-repot belajar lingkungan komputasi yang sama sekali berbeda, apakah sistem operasi yang digunakan sebagian besar desktop, laptop, dan server sangat baik? Untuk menjawab pertanyaan itu, saya akan mengajukan pertanyaan lain. Lalu apakah sistem operasi yang anda gunakan saat ini benar-benar bekerja "dengan baik"? atau apakah anda terus-menerus berperang melawan virus, malware, dan lainnya, dan mengeluarkan biaya yang mahal jika terlanjut terserang seperti install ulang walaupun hanya 50 rb saja tapi apakah Sistem operasi anda legal? 
Untuk menjawab pertanyaan diatas Linux mungkin platform yang tepat untuk Anda. Linux telah berkembang menjadi salah satu ekosistem komputer yang paling dapat diandalkan di dunia ini, dan yang pastinya 100 % gratis.
 Mari kita lihat biaya server Linux, dibandingkan dengan Windows Server 2012. Harga Windows Server 2012 sendiri hingga $ 1,200.00 USD. Itu belum termasuk CALs, dan lisensi untuk perangkat lunak lain yang mungkin anda butuhkan seperti database, web server, server email, dll. Dengan server Linux semua dapat di bayar dengan 0 rupiah atau gratis dan mudah untuk diinstal. Bahkan, untuk menginstal penuh web server yang mencakup server database, hanya beberapa klik atau sedikit perintah.
Sistem operasi desktop atau server, dengana biaya nol dan bebas masalah virus, Saya pribadi walaupun baru menggunakannya 1 tahun sebagai platform desktop dan server belum pernah memiliki masalah dengan malware, virus, atau mengalami hang atau not responding yang menjadi masalah Sistem Operasi Windows.
  
Linux adalah sebagai Sistem Operasi yang unik, Linux memiliki jenis - jenis yang berbeda - beda yang disebut distro hampir setiap distro Linux dapat didownload secara gratis. Berikut berberapa website distro populer:
Kalian dapat memilih tergantung kebutuhan kalian. oke sampai disini ulasan panjang tentang linux dokterkomputer harap kalian dapat mencoba untuk memasang Linux di komputer kalian, kalian juga dapat menginstal dual boot jika ingin menggunakan Linux dan Windows dalam satu komputer.
Tag : Linux, News
0 Komentar untuk "Apasih Linux itu?"

Back To Top