4 Command Bunuh Diri pada Linux


Dokterkomputer - Linux adalah sistem operasi yang sangat erat dengan penggunaan terminal, karena kebanyakan orang menggunakan linux memang untuk keperluan sistem administrasi, sistem operasi linux ini banyak digunakan sebagai server, website anda pun kemungkinan di hosting pada sebuah server yang menggunakan linux.

Oleh karena itu berhati - hatilah dalam menggunakan terminal Linux karena dengan 1 atau 2 kata pada terminal anda dapat merusak suluruh bagian dari komputer yang anda sayangi. oke berikut ulasan tentang 5 Command yang dapat merusak sistem anda


rm -rf / (Menghapus semuanya) 
Perintah "rm -rf /" dapat menghapus seluruh file yang berada dalam komputer anda, termasuk juga file yang berada didalam device yang terhubung seperti flashdisk. Berikut penjelasan perintah: 
rm – Menghapus file.
-rf – menghapus semua file dan folder di dalam folder tertentu dan tanpa konfirmasi ulang.
/ – lokasi penghapusan berada di direktori root, yang berisi semua file di komputer Anda dan semua perangkat media terpasang, termasuk saham file removable drive.
Linux dengan senang hati menuruti perintah ini dan menghapus segala sesuatu tanpa konfirmasi, jadi hati-hati ketika menggunakannya. Perintah rm lain juga dapat digunakan dengan berbahaya - rm -rf ~ akan menghapus semua file dalam folder rumah anda, sementara rm-rf * akan menghapus semua file konfigurasi anda.


mkfs.ext4 /dev/sda1 (Format Hard Disk)
Berikut penjelasan mkfs.ext4 /dev/sda1 :
mkfs.ext4 – membuat ext4 baru didalam hardisk anda dan diikuti command partisi tujuan.
/dev/sda1 – Menentukan tujuan adalah partisi utama anda.
Command ini dapat setara dengan perintah memformat  partisi c: pada Windows - akibatknya akan menghapus file pada partisi pertama Anda dan menggantinya dengan sistem file baru.


dd if=/dev/random of=/dev/sda (Menulis sampah di Hard Disk anda)
Command dd if=/dev/random of=/dev/sda juga dapat menghapus semua file di Harddisk
dd – Perform low-level copying from one location to another.
if=/dev/random – Use /dev/random (random data) as the input – you may also see locations such as /dev/zero (zeros).
of=/dev/sda – Output to the first hard disk, replacing its file system with random garbage data.


mv ~ /dev/null (Memindah direktori Home ke blackhole)
/Dev/null adalah lokasi yang spesial, pindah suatu file ke /dev/null adalah sama seperti menghapusnya. /dev/null bisa dikatakan sebagai blackhole. mv ~ /dev/null bisa dibilang command tersebut memindah file pribadi kamu ke blackhole
mv - Memindahkan file atau direktori diikuti direktoti tujuan
~ - simbol direkori Home
/dev/null - tujuan folder, disini dipindahkan ke /dev/null

Oke itulah 4 Command Bunuh Diri pada Linux dengan mengetahui beberapa command berbahaya kalian dapat tahu bahwa command tersebut bisa menghapus atau merusak sistem kalian, tetapi jika kalian mau usil ke teman kalian yang menggunakan Linux kalian dapat terapkan salah satu command diatas, tapi jika ada apa - apa Dokterkomputer gk bertanggung jawab loh ya..
Tag : Linux, News
0 Komentar untuk "4 Command Bunuh Diri pada Linux"

Back To Top